Senin, 11 Desember 2017

PERKEMBANGAN KARAKTERISTIK USIA 25-29 TAHUN

Latar Belakang
Tubuh manusia mencapai puncak pertumbuhan dan perkembangan sempurna pada usia kurang lebih 20 tahun. Pada masa tersebut otot-otot dan otak telah mencapai kekuatan maksimal. Perkembangan cara berpikir telah matang. Demikian juga emosinya. Organ reproduksi pada masa dewasa telah berkembang dengan sempurna.
Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui perkembangan manusia ketika memasuki usia dewasa.
PEMBAHASAN
Secara biologi, makhluk hidup (organisme) disebut dewasa bila telah menghasilkan sel-sel kelamin. Demikian pula pada manusia sebagai makhluk hidup. Pada laki-laki ditandai dengan kemampuan testis (buah zakar) untuk menghasilkan sperma. Pada perempuan ditandai dengan kemampuan ovarium (indung telur) menghasilkan sel telur. Hal ini menunjukkan bahwa manusia telah dewasa yang berarti telah mampu bereproduksi. Pada masa dewasa, badan seseorang tidak mengalami pertumbuhan tinggi lagi, tetapi hanya bertambah berat.
Manusia dewasa telah memiliki tanggung jawab akan hidupnya. Mereka juga memikirkan pendidikan dan pekerjaan untuk masa depannya. Berkeluarga juga merupakan hal yang penting pada masa dewasa.
Setelah akhir masa remaja, manusia mengalami masa dewasa. Pada masa ini pertumbuhan manusia sudah sampai pada puncaknya. Pada manusia dewasa, kerja otaknya berfungsi amat baik sehingga dapat memutuskan & melaksanakan pilihan terbaik dalam hidupnya.

Perkembangan Masa Dewasa
Karakteristik Pertubuhan Manusia usiadewasa ditandai dengan ciri-ciri:
a. Pertumbuhan fisik sudah maksimal, tercapai kematangan cara berpikir dan emosional
b.  Prestasi fisik dan psikis terjadi, misalnya memiliki pekerjaan tetap dengan posisi yang bagus, fasilitas pribadi terpenuhi dan lain-lain.
c. Siap menikah untuk memiliki keturunan secara baik dan bertanggungjawab.
Masa dewasa dimulai pada usia 18 tahun. Masa dewasa secara biologis ditandai dengan kesiapan bereproduksi dan secara psikologis memiliki kesiapan dan kematang mental. Pertumbuhan fisik secara memanjang (bertambah tinggi) masih berlangsung hingga mencapai usia 22 tahun. Biasanya tinggi dan berat badan konstan dan mulai bertambah berat setelah mencapai usia 32 tahun. Kematangan mental pria dicapai setelah usia 5 tahun, sedangkan pada wanita kematangan mental lebih cepat.
KESIMPULAN
             Setelah mengalami masa remaja maka manusia akan memasuki masa dewasa. Masa dewasa merupakan puncak dari segala pertumbuhan. Pada masa ini pertumbuhan fisik sudah maksimal dan sudah siap menikah untuk memiliki keturunan dengan baik dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar