Senin, 11 Desember 2017

MEMBANGUN SIKAP BERFIKIR POSITIF


Adapun langkah-langkah untuk membangun sikap berpikir positif antara lain:
a.    Memilih bersikap optimis
Orang yang pesimis itu fokus kepada yang negatif misalnya: memandang segelas air sebagai setengah kosong atau air yang sudah tidak ada. Sedangkan orang yang optimis fokus memandang yang positif misalnya: memandang segelas air sebagai setengah penuh.
b.     Bisa memilih menerima segalanya dengan apa adanya
Ini tidak berarti bahwa diri menjadi tidak bersemangat dan menyerah, malaikan tidak bergumul, merengek, ataupun membenturkan kepala ke tembok ketika segalanya tidak beres.
c.    Bisa memilih cepat pulih
Mengembangkan sikap-sikap positif tidaklah berarti bahwa seseorang tidak akan pernah mengalami kepedihan, penderitaan, atau kekecewaan. Mengembangkan sikap-sikap positif juga bukan berarti mengabaikan masalah. Masalah selalu mempunyai sisi baiknya. Dalam ujian, berjalanlah lebih giat lagi atau cari pembimbing. Dalam pertemanan, perbaikilah persahabatan tersebut atau cari teman baru.
d.    Menceritakan masalah kepada orang yang dipercaya
Mulailah dengan menolak hal-hal yang suram. Tersenyum dan mengucapkan kata-kata yang positif, mengeluarkan pemikiran yang positif, maka orang-orang serta hal-hal yang positif akan menarik kapada diri kita.
e.    Selalu bersemangat
Sambutlah setiap hari dengan semangat. Laksanakanlah semua tugas dengan penuh semangat. Semakin diri bersemangat, orang-orang disekeliling pun semakin merasa dan bersikap demikian.
f.      Lebih Peka
Jika diri lebih peka terhadap masalah-masalah potensial, maka diri kita pun bisa lebih siap menghadapinya, atau bahkan mengelak. Diri kita pun bisa peka terhadap pengalaman-pengalaman positif.
g.    Humoris
Ketika seseorang melakukan sesuatu yang konyol, semua orang pun pernah dan jangan melewatkan untuk menertawakan diri sendiri. jika seseorang banyak tertawa maka orang itu akan sehat. Karena tertawa mengeluarkan kimiawi tertentu dalam tubuh yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat.
h.    Sportif
Sportif artinya menerima kekalahan dengan positif dan tidak menyalahkan orang lain atau keadaan atas kekalahan itu.
i.      Rendah Hati
Ketika seseorang peduli terhadap sesama, maka orang lain akan menilai baik kepada diri kita tanpa kita berbicara tentang kebaikan diri kita sendiri. mereka tidak akan merasa bahwa diri kita mengharapkan imbalan dari setiap kebaikan yang kita lakukan.
j.      Selalu Bersyukur
Rasa syukur menjadikan diri kita bahagia. Dengan bersyukur, membuat diri kita bahagia dengan kehidupan yang dijalani dan orang lain pun akan merasa senang ketika berada disekitar kita, bersyukur juga dapat memberikan ketenangan dalam menjadi hidup sehingga kita selalu berpikir positif.
k.    Meningkatkan Keimanan
Bagi beberapa orang, beriman berarti percaya kepada Allah SWT. Beriman artinya percaya bahwa segala sesuatu akan selesai tepat pada waktunya dengan diiringi usaha yang tekun dan doa.
l.      Tidak berhenti untuk berharap
Pengharapan merupakan sikap positif yang terpenting dan paling mendasar bagi segala sikap positif lainnya. Dengan harapan maka seseorang akan terus berusaha untuk mewujudkan harapan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar