Senin, 11 Desember 2017

KELOMPOK DALAM KONTEKS DINAMIKA KELOMPOK


Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang bersama (adanya saling ketergantungan ), mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut, meskipun setiap anggota boleh jadi punya peran yang berbeda. Kelompok ini misalnya adalah keluarga, tetangga, kawan-kawan terdekat, kelompok diskusi, kelompok pemecah suatu permasalahan, atau suatu komite yang tengah rapat untuk mengambil suatu keputusan. Berkaitan dengan macamnya, kelompok dapat dibedakan atas :
1.      Besar kecilnya kelompok
Terdapat kelompok yang kecil dan terdapat juga kelompok yang besar. Menurut Shaw (1979), kelompok kecil adalah kelompok yang terdiri atas kurang dari 20 orang, walaupun terdapat banyak hal perhatian atau penelitian lebih dipusatkan pada kelompok yang beranggotakan 5 orang atau kurang. Sedangkan kelompok besar adalah kelompok yang terdiri atas 20 orang atau lebih.
2.      Tujuan
Kelompok yang dibentuk atas dasar mempunyai tujuan yang sama antara anggotanya, misalnya kelompok belajar dan kelompok koperasi.
3.      Value (Nilai)
Kelompok dibentuk karena anggotanya memiliki nilai yang sama. Misalnya kelompok keagamaan.
4.      Duration (Waktu Lamanya)
Kelompok memiliki jangka waktu dimana jangka waktu tersebut dipakai sejak pembentukan kelompok sampai dibubarkannya kelompok tersebut. Jangka waktunya bisa disesuaikan, bisa pendek ataupun dalam kurun waktu yang lama.


5.      Scope Of Activities
Aktivitas yang dilakukan oleh kelompok tersebut di sesuaikan dengan kepentingannya. Misalnya keluarga merupakan kelompok yang mengandung banyak aktivitas sedangkan kelompok belajar yang aktivitasnya sangat terbatas.
6.      Minat
Kelompok yang di bentuk oleh orang – orang yang memiliki minat yang sama. Misalnya kelompok pecinta alam dan pkelompok pemancing.
7.      Daerah asal
Kelompok yang di bentuk oleh orang – orang yang berasal dari satu daerah asal yang sama. Contohnya kelompok mahasiswa dari daerah lampung.
8.      Formalitas
Kelompok yang dibuat bisa secara formal maupun informal, sesuai dengan kebutuhan antar orang – orang yang memiliki kepentingan tersebut. Misalnya kelompok profesi guru pembimbing pada umumnya merupakan kelompok formal, sedangkan kelompok orang – orang yang sedang senam di pagi hari merupakan kelompok informal.
Namun, macam macam kelompok tersebut tidak dapat dibedakan atau dipisahkan dalam satu sama lain karena seseorang yang memasuki kelompok tidak hanya atas dasar tujuan atau minat saja akan tetapi orang tersebut memiliki dasar yang lain pula. Berbicara tentang kelompok tentunya kita akan mengkaitkannya dengan interaksi sosial, yang mana dalam kelompok terdapat beberapa komunikasi, komunikasi individu-kelompok atau individu-individu ataupun kelompok-kelompok. Dalam hal ini tentunya kita akan banyak menemukan kelompok dalam kehidupan sehari hari, kelompok masyarakat, kelompok sekolah, kelompok main, kelompok pemain bola ataupun kelompok kelompok lainnya yang mungkin kita berhubungan atau bagian dari kelompok tersebut.
Begitu banyak kelompok dalam kehidupan kita sehari hari akan tetapi dalam artikel ini akan dibahas salah satu kelompok dalam kehidupan kita yaitu kelompok masyarakat.
Nama kelompok :  Kelompok masyarakat
Kelompok masyarakat adalah kelompok yang berisi orang-orang yang tinggal di daerah tertentu dan memiliki kesadaran sejenis saja, tidak ada hubungan sosial khusus maupun organisasi.

tempat kelompok : setting kelompok
Tempat yang digunakan kelompok masyarakat adalah daerah tempat anggota kelompok tersebut tinggal.
Ruang kelompok : ekologi kelompok
                        Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dan lingkungannya dan yang  lainnya. Berasal dari kata yunani oikos (habitat) dan logos (ilmu). Ekologi  diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Secara harfiah, ekologi adalah pengkajian hubungan organisme atau kelompok terhadap lingkungannya yaitu apa yang ada, apa yang terjadi di alam, tidak melakukan percobaan. Ekologi dalam kelompok masyarakat dapat kita lihat dalam kegiatan gotong royong. Gotong royong ini pula selain interaksi antara kelompok dan lingkungan terjadi pula interaksi antara individu-individu. Kelompok masyarakat memberikan timbal balik terhadap lingkungan berupa gotong royong dalam membersihkan lingkungan.
Lokasi kelompok : teritorial kelompok
   Dalam suatu kelompok masyarakat, tentunya terdapat tempat/wilayah/ suatu kelompok masyarakat berada pada suatu teritorial. Teritorial itu adalah daerah atau wilayah yang di tempati oleh suatu kelompok masyarakat dengan tetap. Teritorial kelompok masyarakat itu di tempati oleh masyarakat untuk melakukan interaksi sesama anggota masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar