Minggu, 10 Desember 2017

Bagaimana cara membangun kepercayaan diri?


Pada prinsipnya semua orang adalah manusia yang baik, semua orang berhak mendapatkan penghidupan layak yang penuh dengan kebahagiaan. Namun, tentu saja semua harus dijalankan dengan bekerja keras dan menanamkan kepercayaan diri yang utuh.
Mungkin sebagian dari kita mempunyai masalah kepercayaan diri atau merasa telah kehilangan kepercayaan diri. Sebenarnya semua orang mempunyai masalah kepercayaan dirinya. Ada orang yang telah merasa kehilangan rasa kepercayaan diri di seluruh wialyah hidupnya. Mungkin terkait dengan krisis diri, depresi, hilang kendali, merasa tak berdaya menatap sisi cerah masa depannya dan lain-lain. Ada juga orang yang merasa belum percaya diri dengan apa yang dilakukan atau ditekuninya. Ada pula orang yang merasa kurang percaya diri menghadapi situasi atau keadaan tertentu.
Ada beberapa istilah terkait kepercayaan diri, antara lain:
a)      Self-Concept, yaitu bagaimana  menyimpulkan diri secara keseluruhan, bagaimana seseorang melihat potret diri secara keseluruhan, serta bagaimana mengonsepsikan diri secara keseluruhan.
b)      Self-Esteem, yaitu sejauh mana seseorang mempunyai perasaan positif terhadap diri, sejauh mana seseorang mempunyai sesuatu yang dirasakan bernilai atau berharga dari diri, dan sejauh mana seseorang meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam dirinya.
c)      Self-Afficacy, yaitu sejauh mana seseorang mempunyai mempunyai keyakinan atau kapasitas yang dimiliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to Succeed). Ini yang disebut dengan General Self-Afficacy atau sejauh mana seseorang meyakini kapasitasnya dibidang dalam mengurusi urusan tertentu. Ini yang disebut dengan Specific self-efficacy.

d)      Self-confidence, yaitu sejauh mana mempunyai keyakinan terhadap penilaian seseorang atas kemampuannya dan sejauh mana bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self-confidence adalah kombinasi dari self esteem dan self Afficacy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar