Lingkungan masyarakat merupakan tempat
berbaurnya semua komponen masyarakat, baik dari agama, etnis keturunan, status
ekonomi maupun status sosial. lingkungan masyarakat itu sangat luas dan banyak
berbagai pihak yang berperan dalam masyarakat tersebut, sehingga memerlukan
pengawasan dan pengontrolan yang lebih agar suasana lingkungan masyarakat dapat
memberikan pengaruh yang baik bagi pendidikan anak.
Masyarakat adalah salah satu lingkungan
pendidikan yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi seseorang.
Masyarakat mempunyai peranan yang penting dalam mencapai tujuan pendidikan
nasional.
Masyarakat yang berperan aktif dalam
bidang pendidikan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Kelompok ini
berupa organisasi-organisasi pendidikan, sosial, politik, ekonomi, keagamaan
dan sebagainya. Semua kelompok ini perlu dilibatkan secara aktif dalam membantu
dan mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan
potensi peserta didik dengan penekanan pada pengembangan kepribadian dan
keterampilan, terutama pada saat anak berusaha melepaskan diri dari pengaruh
kekuasaan orang tua. Dalam pendidikan nonformal ini peserta didik akan mendapat
pengetahuan yang tidak hanya berfokus pada bidang ilmu tertentu namun juga
belajar dalam berinteraksi dan bersosialisasi dalam masyarakat.
Pengaruh yang ada di masyarakat dapat
mempengaruhi anak terhadap dunia pendidikan. Dengan demikian dalam pergaulan
sehari-hari antara anak dengan anak dalam masyarakat juga ada yang setaraf dan
ada yang lebih lebih dewasa dalam bidang tertentu. Dalam bergaul anak harus
memilah teman yang akan diajak bergaul, jangan sampai salah memilih teman yang
tidak beretika dan tidak sopan sesuai dengan norma yang ada di masyarakat.
Kontrol dari masyarakat juga akan membantu dalam meningkatkan peran dan minat dalam berpendidikan. Tanpa adanya ikut serta maka mustahil pendidikan akan dapat berkembang. Sehingga antara orang tua dan masyarakat harus saling memberikan dukungan dan masukan sehingga dapat tercapai pendidikan sesuai dengan permintaan masyarakat. Seiring dengan peningkatan mutu pendidikan maka pendidikan harus menyesuaikan dengan permintaan masyarakat agar pendidikan dapat tercapai dan dapat meningkatkan SDM.
Kontrol dari masyarakat juga akan membantu dalam meningkatkan peran dan minat dalam berpendidikan. Tanpa adanya ikut serta maka mustahil pendidikan akan dapat berkembang. Sehingga antara orang tua dan masyarakat harus saling memberikan dukungan dan masukan sehingga dapat tercapai pendidikan sesuai dengan permintaan masyarakat. Seiring dengan peningkatan mutu pendidikan maka pendidikan harus menyesuaikan dengan permintaan masyarakat agar pendidikan dapat tercapai dan dapat meningkatkan SDM.
Kaitan antara
masyarakat dengan pendidikan dapat ditinjau dari beberapa segi yakni :
a. Masyarakat
sebagai penyelenggara pendidikan, baik yang di lembagakan maupun yang tidak di
lembagakan.
b. Lembaga-lembaga
kemasyarakatan atau kelompok sosial di masyarakat, baik langsung maupun tidak
langsung ikut mempunyai peran dan fungsi edukatif.
c. Dalam
masyarakat tersedia berbagai sumber belajar baik yang dirancang maupun
dimanfaatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar