Senin, 20 November 2017

OTAK DAN FUNGSINYA


1.    Otak
Otak memiliki 10 sampai 15 triliun sel saraf, dan masing-masing sel saraf itu mempunyai ribuan sambungan. Otak manusia adalah computer terbaik yang kita ketahui. Otak merupakan organ satu-satunya ditubuh kita yang terus berkembang asalkan terus dipakai atau diaktifkan. Selama digunakan otak akan terus tumbuh.
Tidak semua orang lanjut usia akan menjadi pikun, oleh karena itu kepercayaan tentang bahwa orang lanjut usia berarti menjadi pikun harus dihilangkan kecuali disebabkan oleh faktor medis. Banyak berita tentang orang yang berusia lanjut lebih dari 90- 100 tahun tetapi pikirannya masih aktif, masih bisa membaca, berdiskusi, dll. Tubuhnya mungkin kurang aktif tapi otak akan terus berkembang jika digunakan.

2.    Anak-anak
Anak-anak berusia 0-5 tahun dapat mempelajari lebih banyak data dan fakta dibandingkan dengan orang yang belajar di perguruan tinggi ini dikarenakan mereka menikmati dalam melakukannya dan tidak ada stress. Dari usio 0-5 tahun anak-anak begitu banyak belajar padahal mereka lahir ke dunia ini tidak membawa sesuatu diotaknya namun mereka dapat belajar dengan cepat. Penelitian membuktikan bahwa orang jenius itu tidak dilahirkan namun mereka dilatih saat dirinya masih dalam kandungan.

3.    Jenius
Otak menusia digunakan rata-rata hanya sebanyak 4-5% saja. Namun orang jenius menggunakan otaknya 5-6 persen. Kita dapat menggunakannya dengan baik dengan menambah kapasitas otak jika kita memanfaatkan kedua otak kiri dan kanan, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar kapasitas otak mungkin dapat ditingkatkan sebanyak 10%.

4.    Otak kiri dan otak kanan/otak analitik dan otak kreatif
Matematika, angka-angka, logika urut-urutan, linier, penilaian pidato, bahasa adalah sebagian contoh menggunakan symbol dan gambar yang memerlukan otak kanan. Sedangkan aspek musik, imajinasi, kreativitas, melamun semua itu adalah aktivitas otak kanan. Penelitian menunjukan hasil yang beragam, hasil menunjukan lebih dari 17% orang yang sisi analitisnya berada diotak sebelah kanan kebanyakan orang kidal masuk dalam ketegori ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar