Sabtu, 18 November 2017

PENGARUH PERASAAN JATUH CINTA TERHADAP KELEMBUTAN BICARA SESEORANG




PENDAHULUAN
Cinta adalah emosi dasar manusia, tetapi memahami bagaimana dan mengapa hal itu terjadi bukanlah hal yang mudah. Bahkan, untuk waktu yang lama, para ilmuwan beranggapan bahwa cinta hanyalah sebuah ilmu tidak bisa mengerti.

FAKTOR YANG MENYEBABKAN ORANG MENYUKAI DAN TERTARIK DENGAN ORANG LAIN
1.    Kedekatan
Para ahli sosiologi menyimpulkan bahwa banyak orang berhubungan atau menikah dengan pasangannya karena mereka bertemu disekitar wilayah hidupnya. Dalam hal ini, orang tertarik dengan orang lain karena secara frekuensi mereka banyak berinteraksi dengan orang lain dalam wilayah hidup yang sama.
2.    Kemenarikan Fisik
Kemenarikan fisik dapat menjadi faktor penentu seseorang mencintai orang lain dan kemudian menjalin suatu hubungan cinta. Hal ini terutama terjadi pada para pria. Banyak pria tertarik pada wanita karena penampilan fisik yang menarik, sedang kan wanita lebih tertarik pada pria karena penampilan kepribadiannya. Ini terbukti dengan banyak fakta menunjukan bahwa wanita cantik lebih  mudah memperoleh teman kencan ketimbang pria yang berwajah tampan. Selain penjelasan itu, pemilihan pasangan berdasarkan ciciriciri fisik juga terkait dengan prinsip keseimbangan (matching phenomena) diantara kedua belah pihak dan sterotip tentang penampilan menarik seseorang yang ada dalam masayarakat.
3.    Kesamaaan dan kebutuhan saling melengkapi  (Komplementer)
seseorang menyukai atau mencintai orang lain bisa karena ia memiliki kesamaan atauu keserupaan dengan orang lain. Banyak pasangan yang memiliki kesamaan nilai, keyakinan, sikap, dan perilaku, lebih memiliki kesempatan untuk menjalani hidup perkawinan yang bahagia.
Namun ada banyak juga menjupai orang mencintai dan menjalani hubungan dengan orang lain yang memiliki perbedaan dibanding dirinya karena ia merasa bahwa orang lain itu memiliki kelebihan yang dapat melengkapi dirinya. contoh pria yang introvet memilih untuk menikah dengan wanita yang ekstrovet.
4.    Seseorang mencintai orang yang mencintai dirinya
Seseorang mencintai orang lain yang mencintai dirnya karena apabila seseorang dicintai orang lain maka terdapat semacam proses psikologis dimana seseoang merasa dirinya mendapat hadiah (ganjaran) karena memperoleh cinta itu. Ini sesuai dengan teori kebutuhan Abraham Maslow (myers, 2002) yang menyatakan bahwa manusia perlu atau ingin orang lain maka seseorang akan merasa dihargai, terjadi peningkata penilaian diri merasa menarik dan merasa memperoleh penerimaan sosial.
5.    Keuntungan yang diperoleh dari suatu hubungan
Berdasarkan teori pertukaran sosial yang mengacu pada hubungan yang bersifat timbal balik maka orang akan mencintai dan terus mencintai orang lain karena orang lain itu memberikan banyak keuntungan signifikan kepada dirinya. Keuntungan tersebut bersifat fisik, psikologis, material, dan spritual.

HUBUNGAN JATUH CINTA DAN KELEMBUTAN BERBICARA SESEORANG
            Semua orang pasti pernah mengalami jatuh cinta, jika jatuh cinta itu terbalaskan atau dengan kata lain orang yang kita cintai juga mencintai kita maka akan membawa dampak positif misalnya membuat kita lebih semangat, membuat mood kita baik, membuat kita bahagia dan masih banyak lagi dampak dari perasaan jatuh cinta itu.
            Tanpa disadari ada beberapa hal yang kita rasakan ketika perasaan jatuh cinta itu datang. Misalnya ketika melihat orang yang kita sukai berjalan di depan kita, maka kita akan tersipu malu dan tiba-tiba jantung berdebar lebih cepat daripada biasanya. Dan tanpa disadari pula ketika kita berbicara dengan orang yang kita cintai maka suara kita akan lebih lembut dan kecepatan berbicara kita pun akan melambat. Kenapa ini bisa terjadi? Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan rasa perlindungan kepada orang yang dicintainya biasanya ini dilakukan oleh para pria yang sedang merasakan perasaan jatuh cinta.

KESIMPULAN
            Tidak ada definisi pasti tentang cinta, bahkan selama ini ilmuan menganggap cinta adalah sebuah ilmu yang sulit di definisikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi daya tarik atau cinta yaitu: kedekatan, kemenarikan fisik, kesamaan dan kebutuhan saling melengkapi, seseorang cenderung mencintai orang yang mencintainya, dan yang terakhir adalah keuntungan yang didapat seseorang dalam sebuah hubungan yang dijalaninya.
            Ada beberapa sikap yang disadari atau tanpa disadari akan dilakukan oleh orang yang sedang mengalami perasaan jatuh cinta. Salah satunya adalah berbicara lebih lembut dengan intonasi yang lebih melambat. Hal ini memberikan efek rasa nyaman dan rasa terlindungi yang dirasakan oleh lawan bicaranya yang nobatabene adalah orang yang kita cintai. Biasanya hal ini dilakukan oleh pria dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan sebagai pembuktian bahwa dia memberikan perlindungan kepada orang yang dia cintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar