a.
Fungsi Disiplin
Pada dasarnya manusia hidup di dunia
memerlukan suatu norma aturan sebagai pedoman dan arahan untuk mempengaruhi
jalan kehidupan, demikian pula di sekolah perlu adanya tata-tertib untuk
berlangsungnya proses belajar yang tinggi maka dia harus mempunyai kedisiplinan
belajar yang tinggi.
Disiplin akan membuat seseorang memiliki
kecakapan mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan pembentukan yang
baik, yang akan menciptakan suatu pribadi yang luhur. Menurut Singgih D
Gunarsah disiplin perlu dalam mendidik anak supaya anak dengan mudah dapat :
a. Meresapkan
pengetahuan dan pengertian sosial antara lain hak milik orang lain. Mengerti
dan segera menurut, untuk menjalankan kewajiban dan secara langsung mengerti
larangan-larangan.
b. Mengerti
tingkah laku baik dan buruk.
c. Belajar
mengendalikan keinginan dan berbuat sesuatu tanpa merasa terancam oleh hukum.
Mengorbankan kesenangan sendiri tanpa peringatan dari orang lain.
Jika kita cermati lebih lanjut, tampaknya
memang benar sekali suatu tata tertib atau aturan bagi pengendalian tingkah
laku siswa memang harus dilakukan. Tata tertib disertai pengawasan akan
terlaksananya tata tertib, dan pemberian pengertian pada setiap pelanggaran
tentunya akan menimbulkan rasa keteraturan dan disiplin diri.
Fungsi pokok disiplin adalah mengajar
anak untuk menerima pengekangan yang dilakukan dan membentuk, mengarahkan
energi anak ke dalam jalur yang benar dan diterima secara sosial.
Dari uraian di atas, maka dapat
dikatakan bahwa dengan adanya disiplin dalam mentaati tata tertib, siswa akan
merasa aman karena dapat mengetahui mana yang baik untuk dilakukan dan mana
yang tidak baik untuk dihindari. Dan hal ini sangat menunjang pada kelancaran
proses belajar mengajar di sekolah yang berarti akan meningkatkan prestasi
belajar siswa.
b.
Tujuan Disiplin
Penanaman dan penerapan sikap disiplin
pendidikan tidak dimunculkan sebagai suatu tindakan pengekangan atau pembatasan
kebebasan siswa dalam melakukan perbuatan sekehendaknya, akan tetapi hal itu
tidak lebih sebagai tindakan pengarahan kepada sikap yang bertanggung jawab dan
mempunyai cara hidup yang baik dan teratur. sehingga dia tidak merasakan bahwa
disiplin merupakan beban tetapi disiplin merupakan suatu kebutuhan bagi dirinya
menjalankan tugas sehari-hari.
Menurut Elizabet B. Hurlock bahwa tujuan
seluruh disiplin ialah membentuk prilaku sedemikian rupa hingga ia akan sesuai
dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya, tempat individu itu di
identifikasikan.
Adapun tujuan disiplin menurut Charles
adalah:
a. Tujuan jangka panjang yaitu supaya
anak terlatih dan terkontrol dengan ajaran yang pantas.
b. Tujuan jangka panjang yaitu untuk
mengembangkan dan pengendalian diri anak tanpa pengaruh pengendalian dari luar.
Disiplin memang seharusnya perlu
diterapkan disekolah untuk kebutuhan belajar siswa. Hal ini perlu ditanamkan
untuk mencegah perbuatan yang membuat siswa tidak mengalami kegagalan,
melainkan keberhasilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar