Sabtu, 18 November 2017

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR



Setiap usaha pasti akan menghasilkan sesuatu, begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Kegiatan belajar mengajar tersebut diharapkan dapat menghasilkan suatu prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Kebiasaan erat kaitannya dengan hasil belajar. Sebelum membahas lebih jauh tentang hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar maka alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui definsi prestasi belajar terlebih dahulu. Adapun definisi prestasi belajar menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Menurut Setiawan (2016:1) Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

Menurut Haryanto (2010: 1) prestasi belajar adalah hasil usaha bekerja atau belajar yang menunjukkan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai. Sedangkan nilai-nilai tersebut sebagai ukuran kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang.

Menurut Masidjo (2007: 13) mengungkapkan bahwa kegiatan pengukuran prestasi belajar peserta didik (siswa) dari suatu mata pelajaran dilakukan antara lain melalui ulangan, ujian, tugas dan sebagainya. Biasanya ditunjukkan dalam nilai rapor atau nilai-nilai tes sumatif.
Dari definisi para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil usaha dari belajar yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dicapai oleh seseorang yang ditunjukan dengan nilai tes atau angka.
Namun hasil belajar dengan prestasi belajar mempunyai makna yang berbeda, prestasi belajar biasanya identik dengan nilai atau angka yang didapatkan oleh siswa, sedangkan hasil belajar cakupannya lebih luas daripada sekedar angka. Hasil belajar biasanya terkait dengan kualitas seorang individu/siswa yang didapatkan dari hasil belajar. Hasil belajar seseorang dikatakan baik apabila sikap, tingkah laku, dan karakter siswa tersebut menunjukan kearah yang positif.
Hubungan kebiasaan belajar yang baik dengan prestasi belajar adalah ketika seseorang siswa mempunyai kebiasaan belajar yang baik, biasanya siswa tersebut juga akan mempunyai prestasi belajar yang baik. Hal ini disebabkan karena dengan kebiasaan belajar yang baik siswa menjadi lebih menguasai pemahaman terkait materi yang telah diberikan disekolah.

Maka peran orang tua dan guru sangat penting dalam situasi ini, sebisa mungkin ketika anak berada dirumah perlu diawasi kebiasaan belajarnya. Orang tua dapat membantu siswa dalam membimbing anaknya ketika belajar dirumah. Atau bisa juga orang tua membantu anaknya untuk membuat jadwal agar ketika anak lebih terkonsep dengan baik jadi anak dapat menyesuaikan waktu belajar dan waktu bermainnya. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan anak dapat menjadi anak yang berprestasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar